Sabilissalam

Menapak jalan menuju Sorga

Hatipun Ikut Bicara

Posted by Ahmad Ridla Syahida pada April 28, 2009

100_30861121

Manusia berbicara tentang arti hidupnya, secara filosofisnya pun ia jelaskan dengan gamblang, dari berbagai sudut ia kupas tuntas tanpa ada yang terlewatkan, ia gambarkan sisi kehidupan yang menurut ia bisa dijadikan saduran, bahwa hidup bisa ia nikmati dengan bebas tanpa ada batasan. Walaupun sebenarnya ia yakin ada hal yang tidak bisa di sejajarkan dengan nalar fikiran sederhana untuk menafsirkan semuanya.

Duniawi ia maknai secara sederhana tanpa melihat hakikat yang membuat manusia bisa berfikir bahwa ia tidak akan hidup abadi, ia tak sadar bahwa ia punya illah yang mengatur segalanya, dan kelak ia akan kembali kepada-Nya. Ia tidak akan pernah tahu apakah ia menjadi golongan ashhabul yamin atau ia termasuk kedalam golongan ashhabusysyimal, apa ia akan mendapatkan kitab ‘iliyyin ataukah sijjin…?suatu pertanyaan besar, yang jawabannya tidak akan pernah ia temukan sekarang di dunia. Allah misterikan semuanya agar manusia mau berusaha untuk berfikir dan beramal demi mempersiapkan diri menyambut hari dimana amal perbuatan manusia ditampakan semuanya tanpa ada satupun yang tersisa.

Itupun fikiran manusia yang berbicara, lain ketika hati mulai berkata sisi halus naluri yang mendominasi dalam berargumen, akan mengalahkan sisi keegoisan otak yang diliputi syahwat syaithani, semuanya akan luluh dengannya. Hati tak kan pernah bisa berkata bohong. Begitupun semuanya tidak akan ada yang menyangkal bahwa fitrah ketauhidan yang manusia miliki menjadi bekal utama dalam membimbing manusia ke tingkat kualitas keimanan yang sempurna. Semuanya akan semakin jelas, bahwa manusia dengan semua anggota tubuh yang ia miliki mempunyai hikmah yang begitu besar, bahkan jiwanyapun menjadi bukti akan keberadaan Allah swt, lalu Apakah kalian tidak berfikir…?

Dalam proses pencarian hakikat kehidupan itu pasti ada kebimbangan dan keraguan, tanpa ia sadari bahwa keraguan yang ia rasakan adalah awal dimana ia akan segera menemukan keyakinannya yang hilang. Keyakinan akan segera muncul ketika keraguan itu datang. Dan hal tersebut akan terasa indah tatkala semuanya sudah nampak dan jelas, bahwa wujud ia di bumi merupakan nikmat Allah yang begitu besar, yang patut di syukuri bukan malah di kufuri.

-Ahmad Ridla Syahida-

2 Tanggapan to “Hatipun Ikut Bicara”

  1. airyz said

    Dan hal tersebut akan terasa indah tatkala semuanya sudah nampak dan jelas, bahwa wujud ia di bumi merupakan nikmat Allah yang begitu besar, yang patut di syukuri bukan malah di kufuri.

    sungguh, nikmat Allah begitu besar. Thanks.

  2. vatimah said

    SmangaD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: