Sabilissalam

Menapak jalan menuju Sorga

Secercah Cahaya

Semangat dalam jiwanya yang membuat dirinya bisa bertahan hingga sekarang. Perjalanan hidupnya yang unik penuh dengan tantangan dan cobaan, tidak membuatnya patah semangat demi melanjutkan perjuangan hidupnya.

Ia dilahirkan di pesisir pantai selatan Kota Ciamis Jawa Barat, dari pasangan Bapak Nurwahdan dan Ny Suryanti. Ahmad Ridla Syahida yang kelak dengan nama itu menjadi doá dalam mengarungi bahtera kehidupannya. dengan azzam yang dimilikinya ia mencoba untuk membuka tabir kehidupan yang sedang ia jalani dengan kearifan hati dengan tidak menafikan kritisnya fikiran.

Karir pendidikannya ia mulai dari TK Aisyiah Bustanul Athfal Muhammadiyah Ciamis (1995), lalu ia melanjutkan jenjang Madrasah Diniyah di Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Darussalam Ciamis (2001), setelah itu ia mencoba iklim dunia pendidikan yang lain dari sebelumnya. Ia melanjutkan jenjang SLTP di SLTP N 1 Ciamis. Disinilah ia mendapatkan sentuhan lembut ilahi. Di tengah perjalanan ia dicoba dengan ujian gejolak batin yang ia rasakan, satu tahun ia putuskan untuk berhenti sekolah (2001-2002).

Dalam proses metamorfosanya ia memutuskan untuk memilih dunia pesantren sebagai pilihan dalam mengantarkannya ke dimensi spiritual. Satu tahun ia habiskan untuk menemukan spirit yang hilang dalam dirinya. Pesantren Nurussalam ciamis, Pesantren Banyulana, Pesantren Miftahul Huda Manonjaya, Pesantren Cipasung Singaparna, sampai Pondok Modern Gontor pernah ia singgahi, walaupun ia mondok tidak pernah lebih dari satu bulan, tapi kecintaan akan dunia pesantren terpatri dalam hatinya. Dan di dunia Pondok Pesantrenlah ia temukan hakikat kehidupan yang tidak ia temui di luar Pondok Pesantren.

Satu tahunpun ia lalui. dan pada tahun 2005 ia selesaikan jenjang Madrasah Tsanawiah di MTs Sabilissalam sembari mondok di Pesantren Sabilissalam Sukawana Pusakanagara Baregbeg Ciamis yang di asuh langsung oleh KH Wahyu, S.Ag,. MPd.I. dengannya ia bisa mengantarkan Mts Sabilissalam sebagai peraih Juara LT II tingkat Kecamatan mengalahkan SMP favorit yang ada di Kecamatan Baregbeg pada waktu itu.

Setamat dari MTs, pilihan hatinyapun jatuh pada Pondok Pesantren Ar-Risalah Cijantung IV Ciamis sebagai wasilah dalam meneruskan perjuangan cita-citanya, ia selesaikan jenjang SMA di SMA Terpadu Ar-Risalah Cijantung IV Ciamis, sebagai angkatan alumni pertama (2008) yang di asuh oleh KH Drs Asep Saefulmillah, disinilah ia mulai meneruskan karirnya di dunia organisasi dan menyalurkan jiwa sosialnya; wakil ketua OSIS SMA Terpadu Ar-Risalah, Sekertaris Pegurus Santri, Pemred Buletin Ar-Risalah, Judat Ambalan Kumbakarna, Anggota Dewan Kerja Ranting Kec. Cijeungjing, Anggota Unit Protokol Kab. Ciamis, Anggota Bandung Karate Club, BPA IRMAS Kab. Caimis, dan berbagai kegiatan kepramukaan sekala Provinsi hingga Nasional pernah ia ikuti.

Dengan himmatul úlya yang ia miliki, serta doá dari keluarga dan orang-orang yang dicintainya, sekarang ia meneruskan kuliahnya di Al-Azhar Cairo University dengan Islamic Theology Faculty sebagai pilihan dalam memperdalam khazanah kelimuannya. Di peraduan selanjutnya inilah ia hidup di tengah lingkungan yang kental dengan nuansa religius, lingkungan yang membawa ia semakin faham akan esensi kehidupan yang sebenarnya. Hanya rasa optimis yang dibalut ketawakalan kepada Allahlah yang membuat ia terus berjuang demi kemulian agama islam yang sangat ia cintai.wallahua’lam, wallahul mustaán.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: